Roadshow Anggota Komisi X DPR RI

1508665309701

Anggota Komisi X DPR RI membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata dan seni budaya, Putu Supadma Rudana kembali turun di daerah pemilihan (Dapil) dalam suasana keprihatinan, dengan menggandeng pengurus Karang Taruna Provinsi Bali pada Saniscara Paing Julungwangi, Sabtu (14/10) kemarin.

Usai Nangkil ke Pura Besakih, Temui Pengungsi

Wasekjen DPP Demokrat ini nangkil ke Pura Besakih di Kecamatan Rendang, Karangasem lanjut menggelontor bantuan buat pengungsi di Kabupaten Karangasem dan Bangli.

Saat nangkil ke Pura Besakih dan menemui pengungsi, Supadma Rudana yang notabene Ketua Pengda Karang Taruna Provinsi Bali didampingi penasehat Karang Taruna I Ketut Rana, Sekretaris Karang Taruna Bali Made Dastra, para relawan Supadma–Astungkara yang berjumlah sekitar 50 orang. Sekitar pukul 10.00 Wita tiba di Pura Besakih. Sebelum sembahyang Supadma Rudana dan pengurus Karang Taruna lebih dulu menyapa petugas kepolisian yang bertugas di kawasan Pura Besakih. Meskipun status awas Gunung Agung masih diberlakukan, persembahyangan dilaksanakan dengan hening dan tenang sekitar 30 menit lamanya.

Rombongan lanjut menyerahkan bantuan di Posko Pengungsian UPT Dinas Pertanian Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Karangasem. Supadma Rudana dan Karang Taruna menggelontor selimut, kasur, makanan bayi, dan bebera paket sembako. Rombongan juga menyerahkan bantuan yang sama di Kompleks Pendidikan Gurukulu Desa Kubu Kecamatan/Kabupaten Bangli.

“Sebelum menemui pengungsi ya kami mengawali dengan matur piuning (berdoa) di Pura Besakih. Dalam status awas Gunung Agung ini semoga umat Hindu, krama Bali terhindar dari bencana. Kita nunas ica bersama-sama memohon keselamatan Bali,” tegas politisi asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar ini usai roadshow kemarin.

Supadma Rudana menyebutkan kegiatan sembahyang dan lanjut menemui para pengungsi kemarin untuk aksi lanjutan sebelumnya. “Sesuai janji kami sejak awal, ini aksi kemanusiaan yang berkelanjutan. Kondisi ini bisa terjadi berbulan-bulan terhadap pengungsi. Pengungsi butuh uluran tangan secara berkelanjutan sebelum Gunung Agung dinyatakan normal kembali,” ujar Supadma Rudana.

Pria yang juga Ketua Umum Museum Indonesia (AMI) ini mengatakan para pengungsi memiliki cadangan makanan yang masih mencukupi. Namun ada beberapa kebutuhan yang tidak terpenuhi. Karena tidak semua donatur membawa bantuan yang sama jenisnya. Terkait dengan aksi roadshow yang gencar dilakukan belakangan ini, Supadma Rudana mengatakan dirinya turun sebagai anggota Fraksi Demokrat, Komisi X DPR RI murni untuk kemanusiaan. *nat

 

Sumber tulisan : Nusa Bali, 15 Oktober 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *