SEPEKAN SENI BATUBULAN 2009

Selasa, 23 Juni 2009

JAKARTA, KOMPAS.com–Sebuah perhelatan Seni Budaya bertajuk ”Sepekan Seni Batubulan 2009” akan digelar mulai Senin, 22 Juni hingga Sabtu, 27 Juni 2009 mendatang, dijadwalkan berlangsung setiap hari dari pukul 18.00 sampai 20.00 Wita di Supadma Rudana Center (SRC), Jalan Raya Batubulan 88 A, Gianyar. Sebagai pembuka acara, akan tampil koreografer tersohor, I Nyoman Sura, melalui tarian tunggal terbarunya yang merespon dan mencerminkan kekinian sosial Indonesia.

Menurut koordinator acara, Ni Made Frischa Aswarini, selain menghadirkan nomor tari, akan tampil pula Gede Indra Prayogi, Juara 1 Lomba Baca Puisi Radar Bali Literary Award 2009 se-Bali dan Virgina Purnama Sanni, yang belum lama ini berhasil menjadi pembaca puisi terbaik dalam Festival Seni Pelajar se-Indonesia pada awal Juni lalu di Yogyakarta.

“Sepekan seni ini juga akan menghadirkan pemutaran film independent berjudul “Maaf Aku Pernah Melupakanmu” arahan sutradara Made Adnyana pada hari ketiga, Jumat, 26 Juni 2009. Ada juga pertunjukan Musikalisasi puisi oleh Teater Antariksa SMAN 7 Denpasar dan Teater Angin SMAN 1 Denpasar”, ujar Frischa Aswarini. Kedua grup musikalisasi ini berulang kali meraih gelar juara, bukan hanya se-Bali, bahkan juga Nasional.

Dalam kesempatan terpisah, Putu Supadma Rudana menyatakan kegembiraannya dapat mendukung acara Sepekan Seni Batubulan yang digagas oleh generasi muda dalam upaya mengembangkan minat dan bakat seni berdasarkan sikap kreatif yang penuh inovatif. Putu Supadma yang juga salah satu Ketua Nasional Asosiasi Museum Indonesia (AMI), mengungkapkan bahwa SRC (Supadma Rudana Center) didirikan sebagai sebuah lembaga nirlaba yang berupaya mengedepankan usaha pelestarian, pengembangan serta pemaknaan ulang atas seni budaya Bali, sekaligus juga keragaman dan kekayaan seni-seni serta budaya di banyak daerah di Indonesia lainnya.

“Lembaga ini saya dirikan dan dedikasikan untuk turut serta mengembangkan pemikiran-pemikiran Thinking Outside The Box. Yakni berpikir ke depan dengan menciptakan sesuatu untuk kemajuan bersama, termasuk membangun kesadaran tentang pentingnya menghormati keberagaman, toleransi, dan solidaritas sosial,” ujar Putu Supadma Rudana yang juga aktif sebagai pengurus berbagai organisasi sosial masyarakat. SRC didirikan dalam rangka turut mendorong tumbuhnya semangat ke-Bhinneka-an dalam perilaku dan tatanan sosial masyarakat Indonesia. “Jadi lembaga ini tidak hanya bergerak dalam bidang kesenian saja, melainkan juga bagaimana menumbuhkan pemikiran-pemikiran kritis generasi muda guna menciptakan Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul dan siap bersaing ditataran global,” tambah Putu Supadma.

Jadwal acara Sepekan Seni Batubulan 2009

Senin, 22 Juni 2009 pukul 18.00 – 20.00 Wita
Atraksi melukis
Tari kontemporer tunggal I Nyoman Sura
Pertunjukan Dramatisasi Puisi Teater Tiga, SMAN 3 Denpasar
Pertunjukan Musikalisasi Puisi Teater Angin, SMAN 1 Denpasar

Kamis, 25 Juni 2009 pukul 18.00 – 20.00 Wita
Dialog Budaya Tema : “Komunitas Kreatif dan Sikap Kritis Generasi Muda ” (Narasumber : dr Nyoman Sutarsa)
Pertunjukan Musikalisasi Puisi Teater Antariksa, SMAN 7 Denpasar

Jumat, 26 Juni 2009 pukul 18.00 – 20.00 Wita
Pemutaran Film Narasi (Judul : Maaf, Aku Pernah Melupakanmu, Karya : Made Adnyana)
Diskusi (Narasumber : Made Adnyana)
Pembacaan Puisi Gede Indra Prayogi

Sabtu, 27 Juni 2009 pukul 18.00 – 20.00 Wita
Pembacaan puisi Virgina Purnama Sanni
Pemutaran film dokumenter tentang sastrawan H. B Jassin dan Pramudya Ananta Toer
Pertunjukan dramatisasi puisi Komunitas Sastra Welang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *