Supadma Rudana Gelontor Mobil Perpustakaan di Karangasem

27574578_1727575510628413_1304204404689207296_n

Anggota Komisi X DPR RI membidangi pendidikan, pemuda, olahraga, perpustakaan, badan ekonomi kreatif, dan seni budaya, Putu Supadma Rudana (PSR) turun gunung ke Kabupaten Karangasem , Sabtu (10/2).

Wasekjen DPP Demokrat ini gelontor mobil perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca para siswa di Kabupaten Karangasem. Didampingi Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, Supadma Rudana juga menyampaikan berbagai program Komisi X DPR RI terkait dengan pendidikan.

Menurut Supadma Rudana tantangan generasi muda ke depan sangatlah sengit dalam era digital dan globalisasi. Apalagi dengan kemajuan teknologi, generasi muda dihadapkan dengan kompetisi antar negara. Sehingga menjaga kualitas sumber daya manusia menghadapi tantangan zaman itu harus sudah disiapkan sejak sekarang. “Generasi muda kita sudah digembleng sejak sekarang untuk menghadapi era globalisasi itu, era digital ini menjadi tantangan kita,” ujar Supadma Rudana, Selasa (13/2).

Untuk meningkatkan sumber daya manusia para generasi muda di Bali salah satunya meningkatkan kemampuan, pengetahuan, pengembangan ilmu pengetahuan, informasi. Supadma Rudana menyebutkan Karangasem memiliki indeks pembangunan manusia (IPM) yang masih tertinggal dari daerah lain di Bali. Sehingga ada terobosan, yakni dengan meningkatkan minat baca kalangan pelajar di Karangasem.

“Kami berikan mobil perpustakaan keliling. Mobil perpustakaan keliling ini untuk meningkatkan minat baca, menggali ilmu, dan informasi bagi generasi kita supaya bisa meningkatkan SDM kita di Karangasem. Karangasem indeks pembangunan manusia kalah dengan kabupaten lain di Bali,” ujar politisi Demokrat asal Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar ini.

Dengan mobil perpustakaan keliling kata Supadma Rudana pelajar di Karangasem juga bisa mendapatkan suntikan semangat untuk bangkit atas kondisi Kabupaten Karangasem pasca erupsi Gunung Agung. “Pelajar kita di Karangasem sekarang sedang menghadapi bencana karena ancaman erupsi Gunung Agung. Jadi dalam situasi sedang susah pun masih bisa dapat fasilitas pendidikan,” tambah Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia ini.

Supadma Rudana kemarin juga memberikan bantuan beasiswa kepada siswa-siswi di Karangasem. Sehingga Kabupaten Karangasem bisa melahirkan SDM unggulan dan tangguh untuk bersaing di level dunia. “Ini adalah kontribusi kami sebagai wakil rakyat dari Bali di senayan untuk pendidikan Karangasem. Saya juga akan fokus dan komitmen membangun dunia pendidikan untuk Bali secara keseluruhan,” tegas Supadma Rudana. *nat

 

Sumber : Nusa Bali, edisi 14 Februari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *