Pidato Dalam Acara The Launch of Indonesian Tatler Home

St. Regis, Nusa Dua, Bali, 15 Desember 2009
Sungguh adalah sebuah kehormatan bagi saya bisa hadir dan berada di tengah Bapak-Bapak, Ibu-Ibu, Saudara-Saudara serta undangan, dalam acara penuh arti, The Launch of Indonesian Tatler, yang oleh panitia, seperti tertera dalam undangan, diniatkan sebagai Another Day in Paradise.

Ya, malam ini, dalam suasana penuh kebersamaan, kita akan turut merayakan serta ikut memaknai Peluncuran Majalah Indonesian Tatler yang menyajikan aneka bahasan khusus di seputar desain interior, tata artistik ruang, beserta hal-hal unik lain yang menyertainya.

Di dalam kebersamaan ini, telah hadir di tengah kita Bapak Joop Ave, yang pandangannya tentang kebudayaan selalu menarik serta penuh visi nan cemerlang.

Oh ya, ada pula Bapak Made Wianta, maestro lukis kita yang terus energik dan kreatif, yang selalu menyajikan karya-karya penuh inspiratif.

Dan sahabat saya, Popo Danes, seorang arsitek tersohor dengan karya-karyanya yang memikat dan tetap memiliki filosofis akar kultur Balinya.

Bapak Alvin Tjitrowirjo, seorang kreator, seorang desainer furniture yang namanya begitu familiar karena prestasi-prestasinya internasionalnya yang layak kita kagumi.

Tak ketinggalan, Bapak Nyoman Rudana, seorang senator yang dedikasi dan kecintaannya terhadap kebudayaan di Bali, dan juga kebudayaan-kebudayaan di Tanah Air, sungguh besar dan terpujikan.

Bapak-bapak, Ibu-Ibu dan Hadirin, kebersamaan kita malam ini menjadi penuh arti karena membuka kesempatan kepada kita, tanpa terkecuali, untuk membangun suatu sinergi yang memungkinkan terciptanya kerjasama semua pihak untuk menggagas dan membangun masa depan yang lebih baik.

Kehadiran Majalah Indonesia Tatler Home, patut kita rayakan dan kita sambut dengan gembira. Kita menyadari bersama bahwa peran media massa, apapun bentuk serta bidang liputannya, adalah sangat strategis. Kehadiran Majalah ini menjadi lebih berarti lagi mengingat upaya negeri ini untuk mendorong tumbuhnya suatu ekonomi kreatif di segala bidang.

Semangat untuk melakukan sinergi memang bagian yang tak terhindarkan dari kebersamaan kita di era global sekarang ini. Kita memahami pentingnya sinergi strategis dalam upaya mengembangkan suatu pariwisata berkelanjutan, sinergi antara pihak-pihak terkait semisal hotel, penyelenggara tur, maskapai, pemerintah, asosiasi-asosiasi wisata, museum atau lembaga budaya lainnya, serta tak ketinggalan para pemerhati pariwisata dan pelaku budaya, guna menciptakan peluang-peluang unggul serta kerjasama saling menguntungkan. Dalam sinergi yang bersifat strategis inilah, kehadiran majalah seperti Indonesian Tatler Home tak dapat diabaikan dan tak mungkin ditinggalkan.

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu serta Hadirin, media massa bukan hanya sarana publikasi dan promosi, melainkan juga dapat mendorong tumbuhnya saling pengertian dan saling memahami dari semua pihak, dari semua komponen pendukung pariwisata budaya, demi tercapainya apa yang kita harapkan bersama. Apalagi kita akan menyongsong Visit Museum Year 2010, Tahun Kunjungan Museum 2010, di mana kesuksesannya tergantung juga pada keberhasilan kita dalam mengupayakan terciptanya suatu sinergi strategis sebagaimana telah saya singgung sebelumnya.

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu serta Hadirin, sinergi yang bersifat strategis ini saya kira dapat menjadi titik pijak kita untuk melakukan Sinergi Seni Membangun Bangsa, yakni suatu upaya sinergi dengan menyadari betapa besarnya kekayaan dan keadiluhungan budaya yang diwariskan para leluhur kita. Benda-benda budaya hasil cipta, karsa dan karya para leluhur kita itu bukan hanya indah dan unik untuk mata, tetapi juga di dalamnya menangndung spirit dan nilai-nilai luhur bersifat universal untuk jiwa atau batin kita. Dalam upaya menumbuhkan apresiasi sekaligus persepsi masyarakat terhadap kekayaan yang luar biasa tersebut, sekali lagi, peran media massa seperti Majalah Indonesian Tatler Home ini layak untuk dikedepankan.

Bapak-Bapak, Ibu-Ibu serta Hadirin, sekali lagi, saya merasa memperoleh kehormatan bisa hadir dalam acara ini. Kehangatan pertemuan dan kebersamaan kita ini adalah sebuah awal sinergi. Siapa tahu, dengan demikian terbuka peluang kita untuk bersama-sama membangun Tanah Air yang kita cintai agar menjadi bangsa yang lebih sejahtera dan bermartabat. Melalui kebersamaan, kita dapat mempelajari keagungan masa silam seraya menggagas kemungkinan masa depan tanpa lalai atau abai pada upaya membangun kekinian secara lebih kreatif dan inovatif.

Selamat untuk Indonesian Tatler Home, dan selamat bersinergi untuk kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *