Ketua Umum AMI Kukuhkan AMIDA Provinsi Sumbar

Anjangsana SUlawedi 4

Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana, MBA mengukuhkan Asosiasi Museum Indonesia Daerah (AMIDA) Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (5/8) disela-sela pembukaan Pameran Ragam Pesona Kain Tradisional Nusantara di Museum Adityawarman Jalan Diponegoro No. 10 Padang dan kepala Museum Adityawarman Noviyanty, A. SH, MM terpilih sebagai ketua AMIDA Sumbar periode 2015-2020.

Dalam sambutannya ketua AMI pusat mengatakan bahwa tantangan kedepan adalah bahwa bangsa kita masih berada dibawah negara lain dalam perhatiannya terhadap museum. Tujuan Asosiasi ini adalah sebagai mitra sejajar pemerintah dalam menampung aspirasi SDM Museum se-Indonesia untuk kemajuan museumdimasa yang akan datang. “Dalam satu tahun ini kami sudah berkeliling Indonesia untuk mewujudkan dan mengukuhkan AMI dari Aceh hingga Papua, untuk minggu ini dikukuhkan adalah AMIDA Sumbar,” kata Ketua Umum AMI, Putu Supadma Rudana.

Untuk itu, katanya, harus dibuat komitmen bersama dari pemerintah pusat, daerah, AMI pusat dan daerah untuk bekerja sama dalam membangun museum yang lebih baik. Ia menyebutkan, sudah ada kurang lebih 18 AMIDA yang sudah dikukuhkan yaitu, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten, DKI, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Karena kawasan taman mini memiliki lebih dari 20 museum, sangat penting memiliki asosiasi museum kawasan (AMIKA) yang setara dan sejajar dengan AMIDA,” ujarnya. Ia berharap, kedepannya museum dapat bermanfaat bagi semua pihak, karena museum merupakan rumah tertinggi kebudayaan dan sumber inspirasi semua pihak.(zal)

Sumber : museumadityawarman.info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *